Kandungan Kimia dan Manfaat ALANG-ALANG Untuk Obat | Digital Marketing & Tips Bermanfaat | Blogspot.Com Digital Marketing & Tips Bermanfaat | Blogspot.Com: Kandungan Kimia dan Manfaat ALANG-ALANG Untuk Obat Kandungan Kimia dan Manfaat ALANG-ALANG Untuk Obat - Digital Marketing & Tips Bermanfaat | Blogspot.Com -->

Breaking

Jumat, 20 September 2019

Kandungan Kimia dan Manfaat ALANG-ALANG Untuk Obat

SINGGALANG

ALANG-ALANG (Imperata cylindrica (L).)


Alang-alang adalah tumbuhan liar yang memiliki berbagai macam sebutan daerah, misalnya neleleng laku (Aceh), rih (Batak), alalang (Minangkabau), lioh (Lampung), alang-alang (Jawa), ki eurih (Sunda), lalang (Madura), ambengan (Bali), halalang (Kalimantan), kalepip (Papua) dan lain-lain. Bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat adalah akarnya atau rimpang. Akar alang-alang memiliki rasa agak manis dan bersifat sejuk.




Kandungan dan Khasiat ALANG-ALANG
Beberapa zat yang terkandung dalam alang-alang, di antaranya manitol, glukosa, sukrosa, molic acid, citric acid, coixoi, orundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, damar, logam alkali, saponin, tanin, dan polifenol. Manfaat dan khasiat alang-alang antara lain ; sebagai obat penurun panas, peluruh kencing (diuretik), menghentikan pendarahan (hemostatik), menghilangkan rasa haus, obat sariawan, mengobati panas dalam, mengatasi muntah darah, menghentikan darah mimisan, obat kencing nanah, radang ginjal.

Mengkudu (Morinda citrifolia)


Tanaman Mengkudu

Biasanya dikenal juga dengan sebutan pace, cangkudu, keumeude, dan kudu.
Ciri-ciri tanaman mengkudu tidak begitu besar, tingginya sekitar 4 sampai 6 meter. Batang pace bengkok-bengkok, berdahan kaku, kasar, dan tanaman mengkudu berakar tunggang yang tertancap dalam. Kulit batang pace berwarna cokelat keabu-abuan atau cokelat kekuning-kuningan, berbelah dangkal, tidak berbulu, anak cabangnya bersegi empat. Dan buahnya mula-mula berwarna hijau, menjelang masak warna buah menjadi putih kekuningan, dan setelah matang buahnya akan berwarna putih transparan dan lunak.

Khasiat dan manfaatnya mengkudu bisa menjadi obat sakit kepala, menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan sistem pencernaan, mengobati asam urat, mengobati sakit kuning dan membantu mencegah penyakit jantung koroner.

Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi)


Tanaman Belimbing Wuluh

Biasanya disebut juga dengan belimbing sayur oleh masyarakat.
Ciri-ciri Pohon belimbing wuluh yaitu pohonnya kecil tinggi sekitar 10 meter dengan diameter pangkal batang mencapai 30 cm. Batangnya bergelombang dan tidak rata. Daun belimbing sayur merupakan daun majemuk sepanjang 30 sampai 60 cm dengan 11 sampai 45 pasang anak daun. Anak daun belimbing wuluh memiliki warna hijau, tangkainya pendek, berbentuk bulat hingga bentuknya jorong dengan ujung agak runcing, pangkal membulat, tepi daun rata, panjang 2 sampai 10 cm, lebar 1 sampai 3 cm.

Khasiat dan manfaatnya yaitu untuk mengobati hipertensi, mengobati penyakit gondongan, mengatasi sakit diabetes, sebagai obat sariawan dan juga sebagai obat jerawat.

AVOKAD / ALPUKAT (Persea americana Mill.)


Tanaman Avokado / Alpukat

Kandungan Kimia dan Khasiat Manfaat AVOKAD
Tanaman yang memiliki buah ini memiliki beberapa sebutan daerah, misalnya apokad (Melayu), apuket (Sunda) apokat (Jawa) dan lain sebagainya. Tumbuhan apokad terutama bagian daunnya memiliki rasa kelat dan pahit. Bagian tanaman yang digunakan untuk pengobatan adalah daging buah, daun dan bijinya.
Kandungan dan Khasiat AVOKAD
Kulit ranting tanaman avokad memiliki kandungan beberapa zat kimia, antara lain minyak terbang/atsiri (seperti methyl chavicol, alphapinene), tanin dan flavanoid. Pada bagian daging buah avokad mengandung lemak jenuh, protein, sesqueterpenes, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin B2. Manfaat dan Khasiat avocado antara lain untuk mengatasi darah tinggi, obat sakit kepala, gigi berlubang, obat kencing batu, kulit wajah kering, nyeri syaraf, nyeri lambung, sariawan, kencing manis.


ASAM JAWA (Tamarindus indica L.)


Tanaman Asam Jawa

Kandungan Kimia dan Khasiat Manfaat Asam Jawa
Asam jawa adalah nama tanaman ini dalam bahasa Jawa, masyarakat Aceh menyebut dengan nama bak mee, di Kalimantan dan
Sumatera dikenal dengan nama asam jawa. Masyarakat Gorontalo menyebutnya dengan nama asang jawi, dalam bahasa Bali disebut celagi sedangkan masyarakat sunda menyebut dengan nama tangkal asam. 
Bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat adalah daging buah, daun dan kulit biji (cangkang). Buah asam jawa memiliki rasa asam sedikit manis dan bersifat sejuk. Asam jawa memiliki efek farmakologis sebagai antiseptic, menghilangkan rasa sakit, peluruh kandungan (abortivum) penurun panas, penambah nafsu makan, sebagai astrigen dan tonic.

Kandungan dan Khasiat ASAM JAWA
Buah asam jawa memiliki kandungan yaitu gula invert, tartaric acid, citric acid, serine, beta alanin, vitamin B3, geranial, limonene, peptin, proline, leusin, phenylalanine, dan pipecolic acid. Kulit pohon asam mengandung zat tanin dan daunnya mengandung stexin, iovitexin dan isoorientin. Asam jawa berkhasiat untuk mengobati batuk, mengobati bisul, obat borok, gangguan pencernaan, karang gigi, sariawan, menurunkan berat badan, reumatik, luka lebam, radang payudara, mencegah rambut rontok.

BENGKUANG (Pachyrrhizus erosus URB.)


Tanaman Bengkuang
Kandungan Kimia dan Khasiat Bengkuang Untuk Pengobatan
Beberapa sebutan daerah tanaman ini adalah ; bangkuwang (batak, Sunda), bengkuwang (jawa), singkuwang (Aceh), jempingan (Bali), uwi pisak (Lombok), buri (Bima) dan lain-lain. Bagian tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat adalah daun dan bijinya. Tumbuhan bengkuang memiliki rasa yang manis, dingin, dan bersifat sejuk serta mendinginkan.

Kandungan dan Khasiat BENGKUANG
Beberapa kandungan zat pada bengkuang antaralain ; pachyrhizon, rotenon, vitamin B1, dan vitamin C. Daun dan bijinya mengandung saponin dan flavonoid, sedangkan umbinya mengandung protein, fosfor, besi, vitamin A, B1, dan C. Tumbuhan ini memiliki khasiat dan manfaat untuk mengobati beberapa jenis penyakit, yaitu untuk mengobati beri-beri, obat nyeri perut, menghaluskan kulit,
meredakan demam, diabetes mellitus, sariawan, eksim, wasir dan sebagai obat sakit kulit.


Temu Lawak


Tanaman Temulawak
Temu lawak merupakan salah satu rempah – rempah yang tumbuh di Indonesia. Temu lawak berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, contohnya sebagai obat masuk angin, memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan hati, mengatasi penyakit ginjal, dan beberapa penyakit lainnya.

Sambiloto


Tanaman Sambiloto
Tanaman ini biasanya dimanfaatkan orang untuk obat penurun panas, sakit perut, perut kembung. Tanaman ini juga dipercaya bisa menyembuhkan kencing manis dan diabetes. Anda cukup merebus daun sambiloto ini kemudian meminumnya untuk mengobati penyakit diabetes.